Begini Cara Memainkan Alat Musik Kecapi yang Mirip seperti Gitar

Dikutip berasal buku Mengenal Tarian serta Seni Sulawesi oleh Wisnu Fajar (2020), kecapi artinya galat satu jenis indera musik tradisional dari Sulawesi Selatan. alat musik ini paling poly dimainkan sang Suku Bugis, Bugis Mandar serta Bugis Makassar. lalu, bagaimana cara memainkan alat musik kecapi yang benar?

Begini Cara Memainkan Alat Musik Kecapi yang Mirip seperti Gitar

Sebelum mengetahui cara memainkannya, alangkah lebih baik Bila kamu pula mengetahui sejarahnya. Kecapi diciptakan oleh seorang pelaut berasal negeri Cina. Dahulu, indera musik ini lebih dikenal dengan nama ghuzeng sebab bunyi yang didapatkan cenderung mendayu-dayu. Usai berabad-abad berkembang pada Indonesia, kecapi sudah diadaptasi dengan ciri masyarakat Indonesia, khususnya Sulawesi.

Fungsi alat Musik Kecapi

Kecapi bukan hanya sekadar alat musik tradisional yg keberadaannya hanya berlaku buat rakyat Bugis saja. indera musik yang satu ini sudah terkenal pada semua Indonesia, bahkan pada mancanegara. Bahkan, kecapi jua tak jarang dimainkan pada acara-acara resmi berbasis kenegaraan. Hal ini membagikan betapa keberadaan kecapi cukup tinggi serta diakui sang bangsa Indonesia menjadi warisan budaya yang harus dilestarikan.

Cara Memainkan indera Musik Kecapi

Kecapi artinya indera musik yg mempunyai serangkaian dawai. Itulah mengapa indera musik tradisional ini seringkali disamakan dengan gitar. namun, perlu diketahui bahwa cara memainkan gitar serta kecapi tidaklah sama.

terdapat beberapa teknik memainkan kecapi yang bisa dipelajari sang masyarakat Indonesia. Adapun cara memainkan indera musik kecapi yaitu sebagai berikut:

1. Sinteruk-toel

Sinteruk-toel merupakan teknik memainkan kecapi yg dikenal menjadi pengiring nada yg rumit. Jadi, satu jari dapat digunakan buat menghasilkan nada serta satu jari yg lain buat bas.

2. Dijeungkalan

Dijeungkalan artinya teknik bermain kecapi, pada mana tanga kiri bertugas untuk membentuk nada bebas yg dapat mengiringi nada utamanya. Teknik ini membentuk tiga nada pada pada satu ketika, sehingga dikenal sebagai teknik bermain kecapi yang rumit. Butuh saat usang bagi seseorang untuk bisa menguasai teknik ini.

3. Dijambret

Dijambret merupakan cara memainkan indera musik kecapi yang hampir memakai seluruh jari tangan. Petikan kecapi dihasilkan menggunakan bunda jari, telunjuk serta jari tengah. Adapun jari-jari lainnya digunakan untuk mengisi nada yg lain.

Bagi generasi belia, sudah selayaknya buat mengkaji cara bermain alat musik kecapi supaya kebudayaan ini tetap lestari. Jangan sampai seni tradisional ini punah sebab generasi muda lebih tertarik menggunakan budaya musik luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.