Localhost PhpMyAdmin Cara Mengakses Aplikasi dan Membuat Databasenya

Localhost PhpMyAdmin ialah alamat situs buat bisa mengakses perangkat lunak Phpmyadmin pada browser internet.

Aplikasi PhpMyAdmin tersebut dapat digunakan secara gratis dan berbasis open source yg dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP. Selain itu, juga dipergunakan buat mengatur database MySQL serta MariaDB melalui web browser.

Localhost PhpMyAdmin Cara Mengakses Aplikasi dan Membuat Databasenya

Mengutip dari jurnal Belajar Mysql menggunakan Phpmyadmin sang Akhmad Sofwan, PhpMyAdmin artinya sebuah software open source yang berfungsi buat memudahkan manajemen MySQL. PhpMyadmin dapat diunduh secara gratis pada http://www.phpmyadmin.net.

Menggunakan menggunakan PhpMyAdmin, engkau dapat membentuk database, menghasilkan tabel, memasukkan, menghapus, serta memperbarui data menggunakan GUI. Hal demikian akan membuatmu lebih simpel, tanpa perlu mengetikkan perintah SQL secara manual.

MySQL sendiri ialah keliru satu jenis database server yg sangat terkenal. MySQL menggunakan bahasa SQL buat mengakses database nya.

Lisensi MySQL ialah FOSS License Exception serta terdapat pula yg versi komersialnya. Tag Mysql ialah “The World’s most popular open source database”.

MySQL tersedia buat beberapa platform, di antaranya buat versi windows dan versi Linux. buat melakukan administrasi secara lebih simpel terhadap MySQL, engkau bisa menggunakan aplikasi tertentu, seperti PhpMyAdmin dan MySQL YOG.

Mengakses software PhpMyAdmin

Berdasarkan kitab aplikasi program PHP & MySQL sang Haviluddin, dkk., buat membuka PhpMyAdmin, buka browser kemudian ketikkan alamat http://localhost/phpmyadmin. Selanjutnya, akan timbul halaman PhpMyAdmin.

Pada software, seorang mampu membentuk (create) basis data baru serta mengelolanya. Maka tampilan PhpMyAdmin akan mirip gambar di bawah ini:

Tampilan PhpMyAdmin dibagi menjadi 2, bagian pertama berada pada kiri berisi daftar database yang telah ada di instalasi MySQL. lalu pada bagian ke 2, berada di sebelah kanan tampilan berisi fitur dari perangkat lunak PhpMyAdmin serta gosip dari server MySQL.

Cara Membuat Database, Table, dan Field

Sesudah PhpMyAdmin tampil pada web browser seperti gambar pada atas, klik link New di bagian sebelah kiri. Selanjutnya akan tampil halaman “Databases”.

Isikan nama database pada kolom Database Name. contoh: data_diri, kemudian klik tombol Create. Jika berhasil, database yg dibuat akan tampil di daftar database dan tampil halaman “Create Table”.

kemudian, isikan nama tabel pada kolom Name. contoh: pengguna, dan jumlah kolom pada kolom Number of columns, contoh: 4, serta klik tombol Go. page berikutnya “Create Field” buat menghasilkan kolom dalam database.

Sebelum memulai pembuatan field table, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan pada memilih tipe data yg dipergunakan buat menyimpan data.

Tipe data yg awam dipergunakan artinya Varchar, Int, Date serta Text. Tipe data Varchar dipergunakan buat menyimpan bentuk data berupa karakter. contohnya, nomor , huruf, serta tanda baca dengan jumlah maksimal 255 karakter.

Sementara itu, Int dipergunakan untuk menyimpan bentuk data hanya nomor menggunakan homogen-homogen antara -2147483648 dan 2147483647. Penyimpanan bentuk data lepas dengan format tahun-bulan-tanggal (yyyy-mm-dd) memakai tipe Date.

Sedangkan tipe Text, dipergunakan buat menyimpan bentuk data karakter meliputi angka, huruf, dan pertanda baca dengan jumlah aporisma karakter tidak terbatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *